Senin, 27 Maret 2017

Pengertian Information Retrieval

Pengertian Information Retrieval
Information Retrieval merupakan bagian dari computer science yang berhubungan dengan pengambilan informasi dari dokumen-dokumen yang didasarkan pada isi dan konteks dari dokumen-dokumen itu sendiri. Berdasarkan referensi dijelaskan bahwa Information Retrieval merupakan suatu pencarian informasi yang didasarkan pada suatu query yang diharapkan dapat memenuhi keinginan user dari kumpulan dokumen yang ada. Beberapa pengertian Information Retrieval dari berbagai sumber, antara lain : 

Information Retrieval adalah “studi tentang sistem pengindeksan, pencarian, dan mengingat data, khususnya teks atau bentuk tidak terstruktur lainnya.”

“Information Retrieval adalah seni dan ilmu mencari informasi dalam dokumen, mencari dokumen itu sendiri, mencari metadata yang menjelaskan dokumen, atau mencari dalam database, apakah relasional database itu berdiri sendiri atau database hypertext jaringan seperti Internet atau intranet, untuk teks , suara, gambar, atau data “ 

Information Retrieval adalah “bidang di persimpangan ilmu informasi dan ilmu komputer. Berkutat dengan pengindeksan dan pengambilan informasi dari sumber informasi heterogen dan sebagian besar-tekstual. Istilah ini diciptakan oleh Mooers pada tahun 1951, yang menganjurkan bahwa diterapkan ke “aspek intelektual” deskripsi informasi dan sistem untuk pencarian (Mooers, 1951). “

Informasi atau data yang dicari dapat berupa berupa teks, image, audio, video dan lain-lain. Koleksi data teks yang dapat dijadikan sumber pencarian juga dapat berupa pesan teks, seperti e-mail, fax, dan dokumen berita, bahkan dokumen yang beredar di internet. Dengan jumlah dokumen koleksi yang besar sebagai sumber pencarian, maka dibutuhkan suatu sistem yang dapat membantu user menemukan dokumen yang relevan dalam waktu yang singkat dan tepat.

Di teknologi informasi terdapat istilah data retrieval, selain information retrieval. Dua hal ini sangatlah berbeda. Data retrieval secara umum menentukan dokumen yang tepat dari suatu koleksi data, yang isi dokumen tersebut mengandung keyword di dalam query user, tidak akan pernah cukup untuk memenuhi kebutuhan informasi user. Berbeda dengan data retrieval, user dari sistem Information Retrieval lebih memperhatikan dalam mendapatkan (retrieve) informasi melalui subyek, daripada retrieve data berdasarkan query yang diberikan, karena user tidak mau tahu bagaimana proses yang sedang berlangsung.

Model yang terdapat dalam Information Retrieval terbagi dalam 3 model besar, yaitu: 
1. Set-theoretic models, model merepresentasikan dokumen sebagai himpunan kata atau frase. Contoh model ini ialah standard Boolean model dan extended Boolean model.
2. Algebratic model, model merepresentasikan dokumen dan query sebagai vektor atau matriks similarity antara vektor dokumen dan vektor query yang direpresentasikan sebagai sebuah nilai skalar. Contoh model ini ialah vector space model dan latent semantic indexing (LSI).
3. Probabilistic model, model memperlakukan proses pengembalian dokumen sebagai sebuah probabilistic inference. Contoh model ini ialah penerapan teorema bayes dalam model probabilistik. 

Proses dalam Information Retrieval dapat digambarkan sebagai sebuah proses untuk mendapatkan relevant documents dari collection documents yang ada melalui pencarian query yang diinputkan user. 

Proses yang terjadi di dalam Information Retrieval System terdiri dari 2 bagian utama, yaitu Indexing subsystem, dan Searching subsystem (matching system). Proses indexing dilakukan untuk membentuk basisdata terhadap koleksi dokumen yang dimasukkan, atau dengan kata lain, indexing merupakan proses persiapan yang dilakukan terhadap dokumen sehingga dokumen siap untuk diproses. Proses indexing sendiri meliputi 2 proses, yaitu document indexing dan term indexing. Dari term indexing akan dihasilkan koleksi kata yang akan digunakan untuk meningkatkan performansi pencarian pada tahap selanjutnya. Tahap-tahap yang terjadi pada proses indexing ialah:

1. Word Token
Yaitu mengubah dokumen menjadi kumpulan term dengan cara menghapus semua karakter dalam tanda baca yang terdapat pada dokumen dan mengubah kumpulan term menjadi lowercase.

2. Stopword Removal
Proses penghapusan kata-kata yang sering ditampilkan dalam dokumen seperti: and, or, not dan sebagainya.

3. Stemming
Proses mengubah suatu kata bentukan menjadi kata dasar. 

4. Term Weighting
Proses pembobotan setiap term di dalam dokumen.

Search subsystem (matching) merupakan proses menemukan kembali informasi (dokumen) yang relevan terhadap query yang diberikan. Tidak semua dokumen yang diambil (retrieved) oleh system merupakan dokumen yang sesuai dengan keinginan user (relevant). Gambar dibawah ini menunjukkan hubungan antara dokumen relevan, dokumen yang terambil oleh system, dan dokumen relevan yang terambil oleh system:


Pengukuran Performansi Information Retrieval System
Nilai performansi dari aplikasi IR menunjukkan keberhasilan dari suatu IRS dalam mengembalikan informasi yang dibutuhkan oleh user. Untuk mengukur performansi dari IRS, digunakan koleksi uji. Koleksi uji terdiri dari tiga bagian, yaitu koleksi dokumen, query, dan relevance judgement. Koleksi dokumen adalah kumpulan dokumen yang dijadikan bahan pencarian oleh sistem. Relevance judgement adalah daftar dokumen-dokumen yang relevan dengan semua query yang telah disediakan. Parameter yang digunakan dalam performansi sistem, antara lain :

1. Precision (ketepatan)
Precision ialah perbandingan jumlah dokumen relevan yang didapatkan sistem dengan jumlah seluruh dokumen yang terambil oleh sistem baik relevan maupun tidak relevan.
precision = Jumlah dokumen yang relevan dengan query dan terambil.            
                                jumlah seluruh dokumen yang terambil

2. Recall (kelengkapan)
Recall ialah perbandingan jumlah dokumen relevan yang didapatkan sistem dengan jumlah seluruh dokumen relevan yang ada dalam koleksi dokumen (terambil ataupun tak terambil sistem). 
recall Jumlah dokumen yang relevan dengan query dan terambil sistem.
                   jumlah seluruh dokumen relevan dalam koleksi dokumen

3. Interpolate Average Precision (IAP)
Pengukuran performansi dengan mempertimbangkan aspek keterurutan atau rangking dapat dilakukan dengan melakukan interpolasi antara precision dan recall. IAP akan mencatat semua Semua dokumen yang relevan dan urutan dokumen tersebut pada hasil IRS dan menghitung nilai precisionnya. 

Nilai precision untuk semua titik ditentukan oleh perubahan nilai recall yang terjadi. Nilai precision berubah pada saat nilai recall berubah naik. Precision disatu titik recall tertentu adalah maksimal precision untuk semua titik recall yang lebih kecil dari titik tersebut. Sebagai contoh, suatu IRS mendapatkan 10 dokumen berdasarkan suatu query dengan urutan sebagai berikut D1, D2, D3, D4, D5, D6, D7, D8, D9, dan D10. Dokumen yang relevan dalam koleksi dokumen berdasar query tersebut ialah D2, D4, D7, D13, dan D20, maka nilai precision dari sistem tersebut ialah 3/10 = 0.3, sedangkan nilai recall nya ialah 3/6 = 0.5.

PENERAPAN APLIKASI INFORMATION RETRIEVAL
A. Searching Text melalui Web Search Engine 
Keyword dimasukkan oleh user untuk pencarian informasi yang diinginkan pada Search Engine, yang mana informasi yang didapatkan mengandung relevansi/keterkaitan dengan yang diharapkan

B. Information retrieval di Perpustakaan
Perpustakaan adalah salah satu institusi pertama yang mengadopsi sistem IR untuk mendapatkan informasi. Pada umumnya, sistem yang digunakan di perpustakaan pada awalnya dikembangkan oleh institusi akademis dan kemudian oleh produsen komersil. Pada generasi pertama, sistem pada dasarnya terdiri dari suatu otomatisasi dari teknologi sebelumnya (seperti kartu katalog) dan memungkinkan pencarian berdasar judul dan nama pengarang. Pada generasi kedua , kemampuan pencarian ditambahkan dengan pencarian berdasarkan pokok utama, dengan kata kunci, dan tambahan lagi fasilitas kueri kompleks. Pada generasi ketiga, yang sekarang ini yang sedang menyebar, fokusnya adalah meningkatkan antarmuka grafis, format elektronik, fitur hypertext, dan sistem arsitektur terbuka.

C. CBIR(Content Based Image Retrieval) Technology
Retrieval berdasarkan kategori konten dan warna. Dimana user mendeskripsikan image apa yang akan dicari  dengan cara memilih kategori misalnya jenis image, Negara, tahun pembuatan dsb.

Pengertian Information Retrieval Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar