Rabu, 18 Januari 2017

Pengertian dan Manfaat Jalan Raya

JALAN RAYA
Jalan raya merupakan prasarana transportasi. Jalan ini memegang peranan penting dalam menghubungkan antar daerah satu dengan daerah lain. Sehingga antar daerah satu dengan daerah yang lain terjadi hubungan silaturrahmi. Jalan juga berfungsi sebagai sarana pengembangan wilayah dan sarana pembangunan.

Selain itu jalan juga berfungsi sebagai prasarana lalu lintas kemudian dalam bab selanjutnya akan tampak arti penting kendaraan bagi perencanaan pembuatan jalan baru .

* Maksud pembuatan Prasarana Jalan.
Dunia yang kian hari kian moderen mempengaruhi perkembangan sosial masyarakat yang semakin menuntut manusia untuk lebih maju dalam banyak hal. Perkembangan masyarakat yang demikian menyebabkan meningkatnya kebutuhan masyarakat, Sehingga masyarakat secara sadar / tidak selalu dituntut untuk memenuhi kebutuhan itu.

Aktifitas berjangkauan luas mengharuskan pemindahan barang maupun manusia. Apabila keadaan yang demikian telah tercipta, mutlak diperlukan alat angkut sebagai sarana lalu lintas dan lahan sebagai prasarana lalu lintas.

* Persyaratan Yang Dituntut 
Perencanaan geometri adalah bagian dari perancangan jalan raya, dimana geometri suatu jalan dan bagian harus diselesaikan sesuai dengan tuntutan serta sifat lalu lintas. Dalam perencanaan tersebut diharapkan memperoleh hubungan yang baik antara waktu dan ruang sehubungan dengan kendaraan yang akan melewatinya.

Tuntutan diharapkan adalah tercapainya suatu keadaan yang aman, nyaman dan ekonomis. Hal ini selain ditentukan dari perencanaan Geometriknya juga ditentukan oleh konstruksi lapis perkerasan ” Pavement”, juga oleh pengaturan lalu lintas yang ada. Akan tetapi disini hanya ditinjau dari segi perancangan geometris saja.

A. AMAN 
Aman dimaksudkan bahwa perancangan trase jalan didasarkan pada kecepatan tertentu / design speed, sehingga dapat memberikan jaminan keselamatan bagi pemakai jalan. Perencanaan tikungan, tanjakan dan turunan harus dirancang sebaik – baiknya dengan dasar kecepatan rencana tersebut. Maka harus dihindari tikungan tajam, tanjakan yang curam dan turunan yang curam.

B. NYAMAN.
Selain memberikan keamanan, jalan harus memberikan kenyamanan bagi pemakainya. Hal ini berarti menyajikan rancangan yang estetika, sehingga pemakai jalan tidak merasakan kejenuhan dalam Perjalanan.

C. EKONOMIS
Pembangunan jalan baru maupun yang sudah rusak membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu perancang geometrik jalan selain ditujukan untuk keamanan dan kenyamanan yang semaksimal mungkin tetap dibatasi dengan biaya yang ada.

Perencanaan biaya harus seminimal dan seefisien mungkin tanpa mengurangi keamanan dan kenyamanan yang direncanakan. Dalam perencanaan geometrik jalan, usaha meminimalkan biaya dengan menurunkan jumlah volume pekerjaan tanah yang meliputi pekerjaan galian dan timbunan serta pemadatan.

Pengertian dan Manfaat Jalan Raya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar