Selasa, 24 Januari 2017

FUNGSI SWITCH YARD PADA PLTA

SWITCH YARD
1a. PMT/CB (Pemutus / Circuit Breaker) 
PMT adalah alat pemutus rangkaian listrik yang mampu dioperasikan dalam kondisi berbeban nominal ataupun saat terjadi gangguan. Fungsi utama PMT adalah untuk mengamankan aset terutama pembangkit dan keselamatan manusia. PMT yang dipakai pada PLTA Renun adalah PMT Sistem Gas (SF6). Karakteristik ganguan yang diseleksi oleh PMT adalah:
  1. Over current (seperti kabel putus atau hubungan pendek).
  2. Gangguan pentanahan (dari luar seperti putus 1 fasa).
  3. Gangguan jarak (dari luar seperti kabel berdekatan).
  4. Over atau Under voltage.
  5. Over atau Under frequency (Seperti terjadinya penurunan atau kenaikan beban dari luar system, misal akibat berhentinya salah satu unit pembangkit).
  6. Daya aktif balik dari luar.
2b. PMS/DS (Pemisah/Disconnect Switch) 
PMS adalah alat pemutus tegangan dalam kondisi tidak berbeban atau alat yang digunakan untuk menyatakan secara visual bahwa suatu peralatan listrik sudah bebas dari tegangan kerja. Pemilihan jenis pemisah ditentukan oleh lokasi, tata bangunan luar (outdoor structure) dan sebagainya. Pada umumnya yang sering dipakai untuk tegangan diatas 72 KV adalah jenis pemutus tunggal mendatar, jenis pemutus tunggal tegak, dan jenis pemutus ganda (double) mendatar. Disamping itu ada pula jenis pantograph dan jenis V. Pemilihannya harus dilakukan dengan memperhatikan tata ril dan keadaan sekitarnya secara menyeluruh. Sebaiknya ada saklar pembumian (grounding switch) yang dipasang pada pemisah ditempat masuk dan keluarnya saluran transmisi dari gardu induk. Ditempat masuknya saluran, juga dipasang sela batang (rod gap) pada pemisah untuk melindungi pemutus beban dalam keadaan terbuka. Untuk tujuan itu pemisah penghantar atau kabel dilengkapi dengan pemisah tanah (pisau pentanahan/earthing blade).

Sistem Udara, Minyak Tekan dan Sistem Pendingin Pada PLTA RENUN

Pada umumnya pemisah tidak dapat memutuskan arus. Meskipun ia dapat juga memutuskan arus yang kecil, misalnya arus pembangkit trafo atau arus pemuatan ril, tetapi pembukaan atau penutupan pemisah harus dilakukan setelah pemutus tenaga terbuka. Untuk menjamin bahwa kesalahan urutan operasi tidak terjadi, maka harus ada keadaan saling terkunci (interlock) antara pemisah dan pemutus beban. Didalam rangkaian kontrolnya, rangkaian interlock akan mencegah bekerjanya saklar pemisah apabila pemutus tenaga masih dalam keadaan tertutup. Jika dikerjakan dengan tangan (manual), maka untuk mencegah kesalahan kerja dipakai lampu sebagai tanda ”boleh dikerjakan” di dekat kotak operasi yang dikontrol dari ruang kontrol. Cara lain adalah dengan menggunakan kunci untuk masing-masing kotak kontrol atau kunci rangkap (doublet).

2 Pemakaian Sendiri
Suatu pembangkit listrik selain dapat membangkitkan listrik juga memerlukan energi listrik untuk menujang proses pembangkit itu sendiri sehingga dapat mengoperasikan peralatan yang ada pada unit pembangkit tersebut (untuk menggerakan motor-motor pompa dan sistem pengandalian proses unit pembangkit). Pengertian dari pemakaian sendiri adalah jumlah energi listrik yang dipakai suatu pembangkit untuk menunjang proses pembangkitan listrik secara berkesinambungan.

Pada unit PLTA Renun sumber energi listrik untuk pemakaian sendiri didapat dari tiga sumber, yaitu:
  1. Transmission line 150 kv (apabila kedua generator tidak beroperasi)
  2. Output generator 11kv (apabilah salah satu generator beroperasi)
  3. Emergency diesel generator 400V (apabila terjadi kondisi blackout)
Supply Pemakaian Sendiri dan peralatan Bantu terdiri dari 2 Service Transformer (STR) yang terhubung dengan sisi MTR Unit 1 dan Unit 2. Salah satu STR dioperasikan dengan mengambil supply dari sisi MTR jika Unit tidak beroperasi dan jika Unit beroperasi Supply berasal dari Generator. Dari sisi Trafo tegangan 11 Kv supply diturunkan oleh STR menjadi 400 V. Apabila Service Transformer tidak mendapat supply dari sisi MTR maka secara otomatis Diesel Emergency Generator akan bekerja karena terhubung secara Interlock.

Gambar PMT Unit PLTA

FUNGSI SWITCH YARD PADA PLTA Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar