Minggu, 02 April 2017

Teori Affiliate Program vs Affiliate Network

Menjadi Affiliate dari Banyak Merchant
Setelah Anda belajar membuat website dan membuat online store atau toko online dengan Wordpress dan WP e-Commerce plugin, maka untuk beberapa hari ke d epan, Anda ak an belajar bagaimana untuk menghasilkan uang dengan menjual produk orang lain atau sering disebut affiliate marketing. 

Untuk menghasilkan uang dengan melakukan affiliate marketing atau mempromosikan produk atau jasa orang lain, secara sederhana sebenarn ya hanya terbagi atas 3 langkah saja yaitu: 
  1. Mendaftar jadi affiliate dari merchant yang Anda pilih. 
  2. Mempromosikan produk merchant di website, iklan atau email dengan affiliate link Anda. 
  3. Membuat banyak orang untuk melihat promosi yang Anda lakuk an di langkah 2. 
Untuk bisa mempromosikan produk/jasa dari sebuah merchant (pemilik produk/jasa), kita perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu seb agai affiliate dari merchant tersebut. Tanpa melakukan pendaftaran dan diterima sebagai affiliate (pendaftaran Anda menjadi affiliate bisa saja ditolak oleh merchant), Anda tidak bisa mempromosikan produk merchant tersebut dan memperoleh komisi. 

1 In-House Affiliate Program vs Affiliate Network
Saat suatu merchant ingin membuat affiliate program atau program affiliasi, ada satu hal yang harus mereka putuskan yaitu apakah mereka akan mengurus sendiri manajemen affiliate program (sering disebut In -House Affiliate Program) atau mereka outsource ke perusahaan lain yang disebut Affiliate Network akan mengurusi seluruh aspek administrasi, teknik, tracking dan pembayaran komisi affiliate. 

Tentu ada pro dan kontra dari masing-masing pilihan, tetapi menyerahkan manajemen affiliate ke perusahaan Affiliate Network biasanya dilakukan oleh merchant agar mereka tidak repot mengurusi hal yang bukan expertise mereka, walaupun itu berarti ada cost extra yang perlu dibayarkan ke perusahaan affiliate network. Cost inilah yang umumnya dihindari oleh merchant yang rela untuk mengurus sendiri affiliate programnya.

Tetapi tidak berarti merchant yang mengurus sendiri affiliate programnya adalah perusahaan kecil. Amazon.com dan eBay.com adalah dua e-commerce terbesar di dunia dan mereka mengelola affiliate programn ya sendiri. Saya yakin penghematan yang bisa mereka lakukan bisa mencapai jutaan dollar dibanding jika mereka menggunakan affiliate network.

Kami lebih suka mempromosikan merchant yang ada di suatu affiliate network. Alasannya:
  • Kita lebih merasa aman d an yakin bahwa komisi kita akan terbayar. Hal ini disebabkan affiliate network dalam menerima merchant ju ga sudah memikirkan hal ini dan berusaha mem-filter merchant yang tidak kredibel.
  • Affiliate network membayarkan total komisi yang didapat dari seluruh merchant sehingga walaupun kita ada dapat sedikit komisi dari merchant A tetapi total keseluruhan komisi dari merchant yang ada di affiliate network tersebut membuat kita selalu melebihi minimal jumlah komisi yang dibayarkan. Sedangkan di in-house affiliate program, seringkali kita mendapatkan komisi tetapi karena kurang dari minimal komisi yang bisa dibayarkan, komisi tersebut tertahan di merchant hingga beberapa bulan yaitu sampai melebih minimal komisi yang bisa dibayarkan. 
  • Me-manage beberapa pro mosi merchant di sebuah affiliate network jauh lebih mudah dan lebih cepat dibanding me-man age beb erapa merchant di masing-masing in-house affiliate pro gram. Me-manage disini seperti mendapatkan affiliate link, melakukan tracking, mendapatkan reports dan lain-lain. Di affiliate network, Anda cukup login ke satu tempat untuk melihat seluruh perkembangan promosi Anda, sedangkan di in-house, Anda perlu login ke banyak website untuk sekedar mendapat reports. 
Jika Anda ingin mempromosikan merchant yang mengelola sendiri affiliate pro gr amnya (in-house affiliate program), lakukan due diligence dulu dengan search di google, apakah ada kejadian affiliate tidak dibayar oleh merchant yang ingin Anda promosikan atau ada permasalahan negatif lainnya yang melibatkan merchant tersebut. 

Hal ini penting perlu dilakukan jika merchant tersebut bukan merupakan retailer yang memiliki brand atau merk yang terkenal. Melakukan due diligence ini akan menghemat waktu, uang dan energi Anda jika ternyata ada permasalahan dengan merchant X.

Pada prinsipnya, jika ingin menjadi affiliate dari suatu in-house affiliate program, Anda melakukan pendaftaran ke merchantnya langsung, biasanya di websitenya ada petunjuk dan form untuk sign-up menjadi affiliate. Sedangkan jika ingin menjadi affiliate dari merchant yang tergabung di suatu affiliate network, Anda perlu bergabung terlebih dahulu ke affiliate network baru setelah itu baru bisa melakukan pendaftaran atau apply menjadi affiliate merchant tersebut melalui menu yang disediakan di affiliate network, jadi bu kan melalui website merchant. 

Saat Anda melakukan affiliate marketing, ada dua pendekatan dalam proses memilih merchant yang ingin dipromosikan yaitu : 
  1. Anda sudah tahu produk/jasa yang mau Anda promosikan, sehingga tinggal mencari merchant yang bagus dan lalu mendaftar untuk menjadi affiliate-nya. 
  2. Anda belum tahu produk /jasa yang mau Anda pro mosikan sehingga Anda bergabung ke Affiliate Network dan mencari merchant dan produk yang bagus untuk dipromosikan . 
Tidak ada yang lebih bagus atau lebih benar diantara dua pendekatan tersebut. Yang berbeda hanyalah apakah Anda sudah punya ide produk atau jasa yang ingin dipromosikan atau belum. Mari kita bahas dulu pendekatan yang pertama. 

2. Mencari Affiliate Program dari Produk Tertentu 
Ada sebagian orang yan g melakukan affiliate marketing, sudah tahu produk/jasa apa yang ingin dipromosikan. Mereka hanya belum tahu merchant-merchant apa saja yang menjual produk/jasa tersebut. Jadi bagaimana caranya untuk mengetahui merchant-merchant apa saja yang menjual produk/jasa yang in gin Anda promosikan? 

Sebagai contoh, sekarang ini bulan September, di negara-negara barat sebentar lagi merayakan Halloween yang umumnya jatuh pada tanggal 31 Oktober. Saat melakukan perayaan Halloween, sudah menjadi tradisi dan hukum wajib bahwa oran g-or ang akan menggunakan kostum tokoh-tokoh yang menakutkan. Hal ini menyebabkan setiap tahun kurang lebih satu bulan sebelum perayaan Halloween, orang-orang sudah sibuk memikirkan dan membeli kostum Halloween yang ingin digunakan. Permintaan dan omset penjualan baju kostum Halloween sangatlah besar tiap tahunn ya. Jika Anda berminat menjadi affiliate dari baju kostum untuk perayaan Halloween, Anda perlu mencari tahu terlebih dahulu merchant-merchant mana saja yang menjual baju kostum perayaan Halloween yang memiliki affiliate program atau program affiliasi. 

Caranya mudah, Anda gunakan google dan search halloween costume +affiliate +program (tanda + di depan kata affiliate dan program artinya Anda mau hasil pencarian google harus ada mengandung kata- kata tersebut). Anda bisa melihat beberapa diantara hasil pencarian google di bawah ini. 

Anda lihat yang tampil adalah semua merchant yang menjual halloween costume yang memiliki affiliate program. 

Contoh lainnya adalah jika Anda mau menjadi affiliate produk accessories iPod maka untuk mencari merchant yang menjual ipod accessories yang memiliki affiliate program, tinggal ketik di google: ipod accessories +affiliate +program 

Anda akan bisa melihat hasil dari search result yang menampilkan merchant yang menjual ipod accessories yang memiliki affiliate program. Sederhana bukan? Anda bisa mulai mencari-cari affiliate program dari produk-produk yang terpikir oleh Anda. Anda akan takjub bahwa produk dan jasa yang bisa Anda promosikan sebagai affiliate adalah tidak terbatas. 

3 Penjelasan mengenai Affiliate Program 
Setelah Anda mengerti cara mencari merchant dari produk yang Anda ingin promosikan, berikutnya Anda perlu mengerti pen jelasan tentang affiliate program yang tercantum di website merchant.

Ok kembali ke contoh kostum Halloween, mari kita lihat hasil search google yang paling atas yaitu: 
Jika kita klik diatas, oh ternyata ada error bahwa URL tersebut tidak ada. Rupanya mereka baru saja merubah tampilan layout website. Saya cari sebentar di menu untuk menemukan page yang menjelaskan tentang affiliate program dari HalloweenMart.com. Nah ketemu, URL baru yang menjelaskan tentang affiliate programnya ada di: http://www.halloweenmart.com/costume-affiliate.html yang menampilkan page seperti di bawah ini. 

Setiap merchant yang menjalankan affiliate program pasti memiliki penjelasan detil di websitenya mengenai affiliate program dan aturan main yang perlu diketahui oleh setiap affiliatenya. Anda bisa lihat contoh dari penjelasan affiliate program Halloween Mart seperti gambar diatas. 

Sangat penting bagi Anda untuk membaca baik-baik penjelasan mengenai affiliate program ini. Banyak perbedaan antara affiliate program dari satu merchant dengan merchant lain. Oleh sebab itu, jangan pernah berasumsi, baca baik-baik penjelasan affiliate program suatu merchant sebelum Anda bergabung dan mempromosikannya.

Di penjelasan affiliate program juga Anda bisa mengetahui apakah suatu merchant menjalankan in-house affiliate program atau tergabung ke affiliate network. 

Berikut akan dijelasan point-point affiliate program Halloween Mart agar Anda mengerti dan tahu istilah serta maksud dari penjelasan dari suatu affiliate program di merchant lainnya. 

• Point pertama yang penting adalah kata-kata Halloween Mart has teamed up with the Shareasale network (highlight kuning di gambar). Ini artinya HalloweenMart menyerahkan manajemen affiliate programnya ke affiliate network Shareasale yang merupakan salah satu affiliate network yang populer. 

Jika Anda sudah tahu bahwa merchant tergabung ke sebuah affiliate network seperti Shareasale maka Anda tahu bahwa untuk menjadi affiliate dari merchant tersebut, Anda perlu sign-up atau bergabung dulu ke Shareasale sebelum bisa mendaftar menjadi affiliate HalloweenMart ini. 

• Point berikutnya adalah penjelasan Earn 10% Commission yang berarti Anda memperoleh komisi 10% dari penjualan semu a produk yang dijual HallooweenMart.

• 120-day Cookie artinya sistem akan mencatat dan memberikan komisi untuk setiap transaksi pembelian orang yan g Anda referensikan ke Halloween Mart selama 120 hari dari saat pertama kali dia meng-klik affiliate link Anda. 

Jadi hal ini membuat Anda tetap menerima komisi jika ternyata visitor yang Anda kirimkan ke HalloweenMart tidak langsung membeli, tetapi baru lihat-lihat dulu. Mungkin setelah beberapa kali melihat-lihat selama beberapa hari di website merchant, baru dia memutuskan untuk membeli. Anda akan tetap mendapatkan komisinya karena cookie-nya baru expired setelah 120 hari atau 4 bulan. 

• Tersedia Product Datafeed. Ini berarti merchant menyediakan file data produk (umumnya file CSV) yang dapat diolah sehingga bisa menampilkan seluruh produk merchant di website affiliate dengan mudah. Tentu Anda perlu memiliki pengetahuan teknis mengenai database dan aspek teknis dari pembuatan website untuk bisa menggunakan datafeed yang disediakan merchant. 

• All affiliate phone orders are tracked . Ini bisa jadi salah satu keistimewaan dari affiliate program Halloween Mart. Pada umumnya merchant menyediakan toll-free number yang dapat digunakan oleh pengunjung website untuk bertanya sekaligus melakukan order pembelian. Kebanyakan merchant, hanya bisa mencatat komisi penjualan dari affiliate jika customer melakukan order pembelian melalui website. Jika customer melakukan order pembelian melalui telpon, seringkali transaksi tersebut tidak tercatat sebagai referensi dari seorang affiliate sehingga itu berarti kerugian bagi affiliate. Merchant yang bagus berusaha untuk bisa melakukan tracking untuk order yang masuk melalui telpon. Dalam hal ini HalloweenMart mencantumkan no telpon dengan mencantumkan id tertentu, seperti yang bisa Anda lihat di header atau bagian atas website HalloweenMart.com seperti di bawah ini:

Dengan demikian saat seseorang melakukan order via telephone, no id akan ditanyakan oleh operator sehingga transaksi tersebut tetap tercatat ke affiliate yang mereferensikan visitor tersebut.
• Consolidated payments direct from Shareasale including an option for Direct Deposit. Informasi yang juga selalu dicantumkan di penjelasan affiliate program adalah cara pembayaran. Cara pembayaran yang umum adalah melalui US Check, Paypal, Direct Deposit (transfer langsung ke rekening, umumnya ke US Bank) atau metode pembayaran lainnya.
Karena HalloweenMart.com ini tergabung ke Shareasale maka pembayarann ya akan melalui Shareasale yang membayar tiap bulan sekitar tanggal 25 melalui check yang dikirimkan ke alamat kita atau direct deposit ke US bank (jika Anda punya).
• Auto Deposit yang artinya Shareasale berhak menarik uang secara otomatis dari account Halloween Mart jika dana yang tersedia tidak cukup dalam membayar komisi affiliate. Hal ini berarti affiliate dijamin pasti akan terbayar komisinya melalui Shareasale. Tidak seluruh merchant berani membuat sistem Auto Deposit seperti ini, terutama merchant yang relatif agak kecil. Hal ini memberikan ketenangan pikiran bagi affiliate yang mempromosikann ya karena komisinya pasti akan terbayar.
• Shareasale Network Exclusive . Ini artinya affiliate program dari HalloweenMart hanya melalui Shareasale secara ex clusive. Cukup banyak merchant yang menjalankan affiliate program melalui beberapa affiliate network atau tergabung ke sebuah affiliate network tetapi juga menjalankan in-house affiliate program sendiri.
• Hal lain yang biasanya tercantum di penjelasan affiliate program adalah bagaimana cara menghubungi Affiliate Manager (kontak person dari orang yang bertanggung-jawab mengurusi affiliate dari merchant). 

Bagi orang di Indonesia, sebenarnya saat ini lebih memudahkan jika merchant bisa membayar komisi dengan PayPal. Tidak saja uang bisa Anda terima dengan lebih cepat, lebih tidak repot dan hemat biaya. Jika menerima pembayaran dengan cepat dan mudah merupakan hal yang penting bagi Anda, fokuslah ke merchant yang bisa membayar komisi via PayPal. Ada cukup banyak merchant dan affiliate network yang bisa membayar komisi via PayPal.

4 Signup ke In-House Affiliate Program
Signup menjadi affiliate dari Implix yang terkenal dengan produk email autorespondernya yaitu GetResponse. Mengapa merekomendasikan menjadi affiliate dari Implix untuk mempromosikan GetResponse? Hal ini disebabkan setiap orang yang serius membangun bisnis internet marketing akan memerlukan jasa email autoresponder. Dan email autoresponder yang terbaik di dunia yang bisa direkomendasikan adalah Aweber dan GetResponse. Hanya saja Aweber baru saja menaikkan biaya bulanannya sehingga relatif agak tidak terjangkau oleh orang-orang yang baru memulai bisnis internet. Apalagi Aweber sampai saat ini belum mau menerima pendaftaran dari Indonesia lagi karena kasus fraud yang sering terjadi dulunya. Hal ini berarti menyisakan pilihan ke GetResponse saja. 

Jadi ini adalah peluang yang bagus bagi Anda jika mempromosikan GetResponse. Anda bisa mendapat kurang lebih US$ 43 untuk setiap orang yang Anda referensikan yang membuka account baru GetResponse untuk jangka waktu 1 tahun. 

Langkah -langkah untuk menjadi affiliate Implix agar bisa belajar mempromosikan GetResponse:
1. Buka form pendaftaran menjadi affiliate dari Implix . Maka akan muncul tampilan seperti di halaman berikut. Itu adalah form yang perlu Anda isikan untuk menjadi affiliate.
2. Silakan isi field-field yang ada di form tersebut yaitu:
  • Account Name. Ini adalah username yang perlu Anda inputkan untuk login ke affiliate area.
  • Name dan Address. Isikan nama dan alamat surat-menyurat Anda karena ini adalah alamat dimana cek komisi akan dikirimkan.
  • Check minimal amount. Ini adalah nominal minimum dari komisi Anda sebelum cek diterbitkan. Jadi misal Anda isikan 100, artinya cek Anda akan dikirimkan ke Anda jika komisi yang diterima sudah lebih dari $100.
  • Checks payable to. Ini adalah nama yang tercantum di cek. Pastikan Anda mengisi nama yang sesuai dengan rekening bank Anda di Indonesia. Karena umumnya bank hanya mau mencairkan cek jika nama yang tertulis di cek sama dengan nama yang ada di rekening bank.
  • City, phone number dan province, fax number, zip code dan country. Ini data-data tambahan yang perlu diisikan yaitu kota, no telpon, propoinsi, fax (jika ada), kode pos dan negara (kadang-kadang Anda menemui Indonesia tidak tercantum di daftar negara, ada kemungkinan merchant tidak menerima affiliate dari Indonesia. Coba hubungi merchant untuk kepastian tentang hal ini).
  • Email . Pastikan Anda mengisikan email yang valid dan sering Anda cek.
  • Website Address . Isikan alamat website Anda (jika punya). Kadang ada merchant yang mengharuskan affiliate yang mendaftar memiliki website, jika tidak diisi merchant akan menolak pendaftaran Anda. Kebetulan Implix tidak mengharuskannya, jadi bisa dibiarkan kosong.
  • Anda pilih Yes untuk menerima email notification jika terjadi sale dan accept terms and conditions.
3. Jika seluruh field sudah diisi, klik tombol Submit untuk mengirimkan form aplikasi pendaftaran menjadi affiliate Implix. Maka Implix akan mengirimkan konfirmasi ke email Anda seperti dibawah ini (Email konfirmasi ini kadang baru Anda terima setelah 1 hari, jadi jangan bingung jika Anda tidak langsung menerima email konfirmasi dari Implix ). 

Anda perlu mencatat dengan baik informasi seperti account name, password (bisa diganti), affiliate ID dan UR L untul login ke affiliate area. Disarankan Anda untuk mencatat secara rapi semua informasi mengenai affiliate di sebuah file Excel atau OpenOffice Calc. Sehingga Anda tidak sampai kelupaan username dan password untuk login ke affiliate program yang Anda ikuti.

4. Anda bisa mencoba untuk login ke affiliate area di URL yang sebutkan di email diatas dan login dengan account name dan password yang disebutkan. Setelah login, Anda akan bisa melihat tampilan affiliate area dari Implix seperti di bawah ini.

5. Untuk mengubah password, silakan klik menu Edit Account yang terletak diatas dan akan muncul isian dimana Anda dapat mengubah password. Jangan lupa klik tombol Submit. 

Ok Anda sudah selesai melakukan proses pendaftaran menjadi affiliate Implix. Jika Anda ingin tahu penjelasan affiliate program dari Implix seperti kapan pembayaran dilakukan, berapa lama masa expired cookie dan lain sebagainya, Anda bisa klik di menu Support lalu klik Frequently Asked Question (FAQ) atau kunjungi URL berikut ini http://www.implix .com/affiliates/ModFaq/ListFaq/1/ 

5 Signup ke Affiliate Network 
Perusahaan affiliate network yan g ada saat ini ada puluhan atau bahkan sudah diatas 100 perusahaan. Di setiap affiliate network, ada ratusan atau bahkan ribuan merchant yang bergabung. 

Beberapa affiliate network terbesar dan populer adalah:
Ada lagi affiliate network populer yang fokus ke produk digital seperti ebook, software dan course seperti: 
Sebenarnya ada lagi affiliate network yang mengkhususkan pada Pay Per Lead (PPL) seperti Hydra, Copeac, Azoogle, ClickB ooth dan lain-lain. Anda bisa melakukan riset sendiri di internet untuk mengetahui affiliate network untuk PPL yang ada. 

Satu hal yang perlu dingatkan adalah hampir semua affiliate network mensyaratkan Anda untuk memasukkan alamat website Anda saat pendaftaran. Hal ini seringkali merupakan salah satu kriteria apakah aplikasi Anda diterima atau tidak. Jika Anda belum mempunyai website, ada baiknya Anda melakukan register nama domain, membuka web hosting dan membuat sebuah website sederhana. Ini tidak saja akan membantu Anda untuk diterima saat pendaftaran ke affiliate network, tetapi juga berguna saat apply menjadi affiliate sebuah merchant. 

Cukup banyak merchant yang hanya mau menerima affiliate yang memiliki website yang cukup relevan dengan produk atau jasa yang mereka jual. Tetapi ada juga merchan t yang menerima semua affiliate yang mendaftar. 

6 Proses Signup ke Shareasale 
Cara melakukan signup ke salah satu affiliate network yang populer yaitu Shareasale. Ada 7 langkah dalam proses pendaftaran bergabung ke Shareasale, yaitu: 
1. Isikan username dan password Anda serta negara tempat tinggal Anda. Lalu klik Move on to Step 2
2. Isikan website utama Anda. Usahakan website utama Anda memenuhi kriteria berikut:
  • Menggunakan top level d omain seperti .com, .net, .org, .info, .biz dan sejenisnya.
  • Website menggunak an bahasa inggris.
  • Website yang sudah selesai pembuatann ya, bukan website muncul tulisan Under Construction.
  • Tidak menggunakan web hosting gratisan.
Jika Anda menggunakan proteksi WHOIS di nama domain Anda, lepaskan proteksi tersebut sementara agar pihak affiliate network atau merchant bisa mengecek bahwa nama domain tersebut memang milik Anda, bukan milik orang lain.

3. Mengisikan alamat email Anda yang menggunakan nama domain dari web site utama Anda seperti yang tampak di gambar di bawah ini. Setelah mengisikan alamat email Anda, klik Move on to Step 4

Shareasale akan mengirimkan email konfirmasi ke alamat email yang telah Anda isikan, sehingga Anda harus memastikan bahwa Anda bisa menerima email tersebut. Tampilan yang muncul adalah seperti gambar di bawah ini.

Klik tombol Yes, maka Shareasale akan mencatat email tersebut dan akan mengirimkan sebuah email konfirmasi ke alamat email tersebut saat proses pendaftaran sudah selesai.

4. Anda akan diminta untuk mengisikan:
• Nama depan dan nama belakang.
• Naa yang tercantum di cek (pastikan sesuai dengan nama di rekening bank Anda).
• Telpon, alamat, kota dan kode pos.
• Marketing plan Anda. Di sini Anda perlu menjelaskan secara singkat apa strategi marketing Anda dalam memasarkan produk merchant. Hal ini seringkali diperlukan merchant untuk memutuskan apakah akan menerima Anda sebagai affiliate atau tidak. Jika Anda belum mempunyai bayangan bagaimana mengisinya, silakan contoh keterangan seperti dibawah ini:

Mostly we will build review site about merchat's product and a little bit comparison between similar products. 

We will drive traffic to the site using PPC like Adwords, articles in major article directory like Ezinearticles and doing SEO (Search Engine Optimization) to achieve top 10 ranking in main long tail keywords. 

• Anda juga diminta menyebutkan apakah website Anda termasuk Incentive Website atau tidak. Pilih My site is NOT an incentive program . 
• Untuk domain ownership, pilih I verify that I own the domain . 

Setelah mengisikan itu semua, klik Move on to Step 5 – Final Step . 

5. Di langkah ini Anda hanya perlu menentukan apakah cek Anda akan dikirim lewat layanan pos biasa(gratis) atau melalui Fedex (biaya $75). Pilh yang gratis saja ya yang tulisannya Lalu klik tombol Complete Signup

Shareasale saat ini hanya melayani pembayaran komisi melalui cek dan direct deposit ke US bank. Jadi kalau tidak punya rekening di US bank, ya berarti Anda harus memilih dibayar dengan cek. Walaupun ini menyusahkan Anda, ada banyak merchant bagus di Shareasale sehingga sayang jika Anda tidak bergabung dan aktif di Shareasale.

6. Anda perlu setuju dengan peraturan dan ketentuan yang dibuat Shareasale jadi klik saja tombol I agree
7. Shareasale akan mengirimkan email konfirmasi, cek email yang tadi Anda masukkan saat pendaftaran di Shareasale. Isi email adalah seperti gambar di bawah ini:

Anda harus meng-klik link yang ada di email tersebut untuk mengkonfirmasi pendaftaran Anda di Shareasale. Setelah meng-klik link tersebut, Anda akan menerima email lain yang menjelaskan bahwa proses konfirmasi Anda telah berhasil. Dan di email tersebut Anda bisa melihat username dan password yang Anda isikan saat pendaftaran, no ID Shareasale Anda dan URL untuk login ke affiliate area yaitu : 

http://www.shareasale.com/a-login.cfm 

Lengkap sudah proses pendaftaran ke Shareasale. Aplikasi Anda akan di cek oleh pihak Shareasale dan biasanya akan di email apakah aplikasi Anda diterima atau tidak setelah 1 hari kerja. 

7 Proses Signup ke Paydotcom 
Affiliate network populer untuk produk digital adalah Clickbank dan Paydotcom. Clickbank memang masih merupakan affiliate network terbesar untuk produk digital. Tetapi sampai saat ini Clickbank tidak menerima affiliate dari Indonesia (ada cara agar Anda bisa mendaftar menjadi Clickbank, baca Kotak Tips yang ada di bagian akhir dari materi e-course ini) sehingga saya akan menjelaskan cara registrasi ke Paydotcom yang menerima affiliate dari Indonesia plus komisi dibayar dengan Paypal. 

Proses Pendaftarannya:
  1. Silahkan buka website Paydotcom dengan klik disini. Maka akan muncul tampilan seperti di halaman berikut. Klik teks Signup yang ada di bagian paling atas website seperti yan g saya highlight warna kuning di screenshot berikut.
  2. Setelah meng-klik Signup di langkah sebelumnya, akan muncul sebuah form yang cukup panjang. Akan kita bahas satu bagian per bagian.
Di Account Information, Anda perlu mengisikan alamat email Anda, lalu username dan password yang Anda inginkan.

Di Personal Information, Anda perlu men gisikan data pribadi seperti nama, alamat, nama yang tercantum di cek, kota dan negara. Ada isian social security atau tax id, itu hanya perlu diisikan untuk yang tinggal di US, jadi kosongkan saja.

Di Payment Processor Information, Anda perlu mengisikan email paypal Anda untuk menerima pembayaran. Jika Anda lebih suka dibayar dengan cek, ada pilihan Check juga. Jangan lupa cantang untuk tulisan I agree to the Terms & Conditions. 

Setelah semua data diisi lengkap, ada proses mengetikkan Human Verification yang perlu Anda lakukan, lalu klik tombol Start making money today with Paydotcom!

3. Anda akan mendapat beberapa penawaran menarik seperti diskon hingga $720 untuk bonus credit fee dan pembelian tiga buah software yang sangat bermanfaat dalam membangun bisnis internet Anda, yaitu: 
  • Butterfly Marketing Manuscript. 
  • Powerlink Generator. 
  • Viral Friend Generator. 
Dari pengalaman pribadi dan review dari teman-teman yang pernah menggunakan software tersebut, mereka semua puas dengan kualitas dan manfaat dari tiga software tersebut. Anda bisa membaca masing-masing kegunaan dari software tersebut. Diskon sebesar $720 ini benar-benar tidak bisa didapatkan di luar sana. Jika Anda tertarik, pilih jawaban Yes dan Anda bisa membayarnya melalui account Paypal Anda. Jika Anda tidak tertarik untuk membeli, pilih jawaban No dan klik tombol lanjut.

4. Anda akan menerima email konfirmasi atas pembukaan account Paydotcom Anda. Selain itu Anda juga otomatis login ke dalam Paydotcom seperti gambar di bawah ini. Jika Anda sudah bisa melihat gambar di bawah ini, berarti Anda sudah sukses melakukan pendaftaran di Paydotcom.

8 Menjadi Affiliate dari Merchart di Shareasale
Setelah bergabung di affiliate network, untuk bisa mempromosikan produk dan jasa merchart anda masih perlu apply atau mendaftar ke masing-masing merchart yang anda inginkan. Sebagian merchart akan menggunakan informasi seperti website dan stategi marketing anda sebagai affiliatenya atau tidak. Tetapi banyak pula merchart yang menerima semua affiliate yang mendaftarkan dirinya.

Proses mendaftar menjadi affiliate di setiap network berbeda karena user interface atau strukture menu disetiap affiliate network memang berbeda, tetapi pada prinsipnya tetap sama. Anda bisa melakukan proses ini setelah mendapat pemberitahuan dari shareasale bahwa pendaftaran anda telah diterima. Jika ditolak, anda tidak bisa melakukan proses apply ke merchart seperti yang akan dilakukan saat ini.

1. Login ke Shareasale melalui alamat URL http://www.shareasale.com/a-login.cfm
Gunakan username dan password yang anda tentukan saat mendaftar Shareasale. Jika anda berhasil login maka akan tampak menu seperti di berikut ini.

2. Klik menu View and Search Merchart List yang telah saya highlight dengan warna kuning di gambar sebelumnya. Menu ini berguna untuk menampilkan daftar merchart yang tergabung di Shareasale sekaligus juga berfungsi untuk mencari merchart dengan kriteria tertentu. Setelah anda klik menu tersebut akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Salah satu hal di Shareasale yang disukai adalah adanya fasilitas yang lengkap dalam mencari merchart dengan berbagai kriteria. Saya akan jelaskan beberapa cara mencari dan menampilkan merchart dengan berbagai kriteria.
  • New program in the last 20 days[69]. Jika anda klik ini. Maka shareasale akan menampilkan merchart-merchart yang baru bergabung untuk 20hari terakhir. Ini akan sangat berguna jika anda cendrung ingin mempromosikan merchart yang baru bergabung sehingga tidak terlalu banyak kompitisi dengan affliate lain. Angka 69 menunjukkan 69 merchart baru yang bergabung ke Shareasale dalam 20 hari terakhir.
  • All program [2500]. Jika anda klik ini, maka yang ditampilkan seluruh merchart yaitu totalnya ada 2500. Sebaliknya jangan klik link ini karena anda akan menunggu sangat lama agar Shareasale menampilkan seluruh merchart yang ada.
  • Pay-Per-Sale [2334]. Jika anda klik ini, maka yang ditampilkan adalah merchart yang mempunyai affiliate program yang jenisnya Pay Per Sale(PPS) atau komisi didapat dari adanya penjualan/sale. Ada 2334 affiliate program yang berjenis PPS. 
  • Pay-Per-Lead [274]. Jika anda klik ini, maka yang ditampilkan adalah merchart yang mempunyai affiliate program yang jenisnya Pay Per Lead (PPL) atau sering juga disebut CPA (Cost Per Action) program. Jadi jika anda mau fokus ke PPL program saja, anda bisa melihat-lihat 247 affiliate program yang ada di Shareasale saat ini.
  • Pay-Per-Click [9]. Link ini untuk menampilkan affiliate program yang jenisnya Pay Per Clik atau anda sudah dapat kompensasi jika megirim visitor ke merchart. Ini adalah jenis affiliate program yang sudah sangat jarang ada dan kompensasinya biasanya relatif kecil.
  • New Program Acivated in September, 2008 [68] atau bulan-bulan lain. Anda juga bisa memilih untuk menampilkan merchart atau affiliate program yang baru aktif pada bulan tertentu. Jadi misal anda ingin menampilkan affiliate program baru di Shareasale pada bulan September 2012, klik saja bulan tersebut.
  • Program Exclusive to the Shareasale Network [619]. Jika anda klik link ini maka akan ditampilkan merchart atau affiliate program yang exclusive atau hanya ada di Shareasale.
  • Basic Keyword Search. Jika anda klik link ini, muncul sebuah kotak dimana anda bisa memasukkan suatu keyword untuk mencari merchant. Anda bisa memasukkan nama merchant atau nama produk yang anda inginkan. 
  • Advanced Search. Ini adalah fasilitas pencarian merchant dengan berbagai kriteria. Jika anda klik maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.
  • 3. Setelah anda mengerti proses di langkah 2 dalam memilih dan mencari merchant sesuai dengan kriteria maka pada langkah ke 3 ini, anda akan mendaftar ke merchant yang anda promosikan.

Saat di langkah 2, coba klik Program Exclusive to the Shareasale Network maka akan muncul daftar merchant seperti berikut ini.

Ini adalah model layout pertama dalam menampilkan merchant. Sebenarnya ada dua model dalam menampilkan merchant di Shareasalem yang ini adalah model pertama, model kedua akan kita lihat berikutnya.

Ditampilan daftar merchant model pertama diatas, anda bisa melihat informasi nama merchant, alamat website, kategori merchant, berapa persen komisi, 7 day EPC dan 20 day EPC. Jika anda ingin melihat detil penjelasan affiliate program dari merchant, silahkan klik View Detail of this Program. Jika anda ingin bergabung atau mendaftar ke merchant tersebut, anda klik Join Program. Berikut detil penjelasan affiliate program dari Home Gallery Stores terlebih dahulu.

Dibagian atas dari penjelasan affiliate program ini ditampilkan informasi standar mengenai affiliate program seperti lama cookie, struktur komisi, EPC 100 hari terakhir, reversal rates (berapa persen tingkat pengembalian), rata-rata komisi dan informasi standar lainnya yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Jika anda berminat dan ingin menjadi affiliate dari merchant ini, bisa klik tombol Join Program. Tetapi sebelum kita mengklik tombol tersebut, mari kita membahas informasi yang ada di bagian bawah dari penjelasan affiliate program ini.

Kotak pertama diatas adalah penjelasan tentang merchant seperti bidang usaha merchant, keunggulan merchant dibanding lainnya dan informasi lain yang umumnya menjelaskan mengapa affiliate perlu mempromosikan mereka dibanding merchant lain.

Kotak kedua adalah Terms of Agreement (TOS). Penting sekali juga membaca informasi ini sebelum anda mempromosikan atau bergabung dengan merchant ini. Ini adalah aturan main yang ditentukan oleh merchant dan harus diikuti oleh affiliate, jika tidak, merchant berhak membatalkan komisi. Yang dihighlight warna kuning untuk point-pont penting yang perlu diperhatikan seperti:
1. Affiliate dilarang bidding atau membeli iklan PPC (pay per click) untuk keyword-keyword yang disebutkan seperti merk dagang Home Gallery Stores dan Variasinya. Termasuk nama domain yang disebutkan diatas.
2. Affiliate juga dilarang bidding untuk iklan PPC pada keyword-keyword nama pabrik dari produk-pruduk yang ada di Home Gallery Store.
3. Affiliate juga dilarang menggunakan nama merk Home Gallery Store di nama domain atau subdomain.
Jika anda tidak membaca TOS ini, tentu akan sangat merugikan jika anda menggunakan PPC sebagai strategi traffic anda tetapi kemudian komisi anda dihapus karena melanggar TOS ini. Itu sebabnya mengapa disarankan untuk membaca seluruh penjelasan affiliate program sebelum bergabung.

Tampilan daftar merchant yang kedua, apabila kita melakukan Advanced Search. Maka tampilannya sebagai berikut:

Lalu tekan tombol Begin Search. Maka akan ditampilkan merchant yang memenuhi kriteria diatas seperti tampilan dibawah ini.

Seperti yang anda lihat ini adalah model tampilan merchant yang agak berbeda dengan sebelumnya. Dimana informasi yang ditampilkan lebih lengkap. Kebetulan di dua merchant ini ada tulisan Enrolled In Program yang artinya saya sudah tergabung ke dua merchant tersebut. Jika belum tergabung, akan ada tombol Join Program.

4. Setelah anda meng-klik tombol Join Program dari merchant yang sesuai dengan niche anda, maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Pada intinya merchant ingin tahu apa strategi marketing anda dalam mempromosikkan mereka. Hal ini akan mempengaruhi apakah mereka akan menerima aplikasi pendaftaran anda atau tidak. Jika anda tidak punya gambaran apa yang perlu diisikan, silahkan isi ddengan kalimat berikut ini.

Mostly we will bulid review site about your product and a little bit comparison between similar products. We will drive traffic to the site using PPC like Adwords, articles in major article directory like Ezinearticles and doing SEO (Seacrh Engine Optimization) to achieve top 10 ranking in main long tail keywords.

Ini akan membuat anda tampak seperti affiliate marketer yang profesional dan kemungkinan besar anda akan diterima aplikasinya. Setelah itu anda harus mencentang di bagian paling bawah yaitu I have read and agree to the Program Agreement for Affiliates, setelah itu klik Join This Program. Anda akan dihubungi via email, apakah merchant tersebut menerima anda sebagai affiliate atau tidak.

Selesai sudah proses mendaftar menjadi affiliate dari merchant di Shareasale. Di affiliate network lainnya, konsepnya juga sama, hanya menu dan tampilannya yang jelas berbeda.

9 Menjadi Affiliate dari Merchant di Paydotcom
Paydotcom merupakan salah satu affiliate network produk digital yang populer. Berbeda dengan merchant Shareasale yang umumnya menjual produk physical atau berwujut, di Paydotcom anda hanya akan menemukan merchant yang menjual produk seperti ebook, course, software dan produk digital lainnya.

Langkah-langkah mendaftar menjadi affiliate dari merchant dari merchant di Paydotcom:
1. Login atau sigin ke paydotcom. Satu hal yang perlu anda ketahui adalah account yang anda buat di Paydotcom bisa berfungsi sebagai affiliate, juga dapat digunakan sebagai vendor atau merchant. Jadi jangan bingung dengan informasi atau menu yang tidak relevan jika anda hanya menjadi affiliate saja.

Setelah login, anda akan melihat halaman seperti gambar berikut ini. Jika anda hanya sebagai affiliate di Paydotcom, jadi bukan sebagai vendor atau merchant, statistik di halaman depan perlu anda perhatikan hanyalah bagian yang diberi highlight warna kuning. Anda juga perlu membeli “Primer” package jika anda bukan sebagai vendor atau merchant di Paydotcom.

2. Untuk mempromosikan produk sebagai affiliate, pilih menu Promote Products lalu pilih Form Marketplace (dibaris Create A New Campaign) sehingga muncul tampilan seperti dibawah ini.

Anda bisa melihat berbagai macam kategori yang ada di Paydotcom, anda bisa pilih salah satu kategori yang sesuai dengan niche yang anda pilih.

3. Misalkan niche anda adalah mengenai kesehatan, coba klik tulisan Health & Fitness. Maka akan ditampilkan produk-produk yang ada di kategori tersebut, urut dari yang paling populer.

Link Visit Salespage digunakan jika anda ingin melihat website dari merchant. APS adalah angka perhitungan relatif yang menunjukkan seberapa banyak produk tersebut dibeli orang. Jika anda klik tombol Promote maka anda telah signup ke merchant sebagai affiliate dan produk yang anda pilih ini akan tercata ke daftar produk yang anda promosikan.

4. Dalam contoh ini dimisalkan anda memilih untuk mempromosikan The Complete Guide to Genius. Anda klik tombol Promote maka akan muncul tampilan seperti berikut ini.

Anda akan melihat detil dari produk ini, harga, komisi, statistik dari campaign ini dan affiliate link standar(default campaign) yang digunakan untuk mempromosikan produk ini.

5. Selanjutnya klik teks Create New Campaign yang ada disebelah kanan dari affiliate link(dihiglight warna kuning digambar sebelumnya). Setelah ada klik link tersebut, akan muncul sebuah form seperti di bawah ini.

Anda isikan nama campaign dan keterangnnya. Ini hanya untuk kebutuhan anda sendiri agar bisa mengingat campaign yang anda lakukan. Setelah diisi, tekan tombol Submit.

6. Setelah di-submit, anda akan melihat tampilan seperti berikut ini.
Perhatikan affiliate link yang dihighlight warna kuning, agak sedikit berbeda (anka di belakangnya) dengan affiliate link standar (default campaign) yang anda lihat sebelumnya saat signup pertama kali ke merchant. Hal ini karena memang untuk setiap campaign yang anda buat, anda akan mendapatkan affiliate link yang berbeda atau unik. Hal ini dimaksudkan agar anda nantinya tahu penjualan anda berasal dari campaign yang mana, apakah dari PPC Adwords atau Article Marketing.

7. Untuk melihat daftar produk atau affiliate program yang sudah terdaftar, anda bisa menggunakan menu Promote Products lalu pilih As An Affiliate (dibaris Create A New Campaign) sehingga akan muncul tampilan seperti berikut.

Saat ini karena anda baru bergabung manjadi affiliate dari suatu merchant atau produk maka yang muncul baru satu. Tetapi jika anda telah signup ke beberapa merchant(seperti yang dilakukan di langkah 4) maka akan muncul semua affiliate program yang telah terdaftar. Anda tidak bisa menghapus merchant atau produk dimana anda telah bergabung atau signup. Tetapi anda bisa menyembunyikan dengan klik teks link Hide yang ada disamping nama produk.

Untuk melihat daftar campaign yang telah anda buat untuk merchant tertentu, klik text link Create/View Campaign sehingga muncul tampilan sebagai berikut ini.

Selesai sudah tahapan untuk mendaftar menjadi affiliate dari merchant di Paydotcom. Caranya memang lebih sederhana dibanding Shareasale dan tidak ada proses approval affiliate atau merchant menolak permohonan affiliate tertentu.

Teori Affiliate Program vs Affiliate Network Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar