Minggu, 02 April 2017

Pengertian Toko online

Pengertian Toko online
2.1 Toko online
Toko online merupakan tempat penjualan barang dan jasa sepenuhnya di Internet. Namun ada pula yang merupakan toko konvensional yang juga menjual barang dan jasa mereka di internet atau sarana untuk menawarkan barang dan jasa lewat internet, dimana pengunjung dapat melihat barang-barang anda di toko online anda. 

Banyak media yang tesedia untuk membuka toko online diantaranya sebagai berikut :
  1. Facebook
  2. Twitter
  3. Blog
  4. Wordpress
  5. Web yang gratis atau pun web yang berbayar
Dalam makalah ini akan dicontohkan pembuatan toko online dalam web gratis yaitu pembuatan toko online di kassa9.com. Kassa9 merupakan web store builder ( e-commerce builder ) dimana tanpa menguasaibahasa pemrograman atau markup, kita dapat membuat toko online kita sendiri. Kita dapat melakukan pengaturan terhadap website kita dari halaman panel dan builder yang akan secaraotomatis melakukan kustomisasi website sesuai dengan keinginan kita. Dengan menggunakan Kassa9 karena mudah dalam pengoperasian (fitur yang ditawarkan tidak terlalu rumit) sehingga baik untuk pembelajaran awal dan terlibih karena dapat digunakan secara gratis. Berikut cara untuk membuat toko online di kassa 9 :

A. Membuka akun baru dan memulai toko baru di Kassa9
  1. Buka http://www.kassa9.com/ maka akan tampil halaman seperti di bawah ini
  2. Jika Anda belum punya akun, cara paling mudah adalah dengan menghubungkannyadengan Facebook, klik “Login using Facebook”. Sebenarnya Anda dapat langsungmengisi kotak di bawah “Create Your Free Online Store Now” dengan URL apa yang Anda inginkan untuk toko online Anda, tapi nantinya tetap Anda akan disuruh mendaftar pula. Setelah klik “Login using Facebook”, jika Anda belum pernahmemberikan akses kepada Facebook untuk terhubung dengan Kassa9, maka akantampak tampilan berikut :
  3. Agar lebih mudah, pilih pilihan yang ketiga “Member baru, ingin login dari Facebook saja untuk seterusnya” dengan konsekuensi Anda harus dapat mengamankan akun Facebook Anda. Setelah itu klik “Lanjut”.
  4. Dengan ini akun Anda telah jadi dan Anda dapat membuat toko online pertama Anda. Klik “Create Your Online Store Now!” untuk mulai membuat toko online pertama anda
  5. Di halaman ini Anda akan menemukan 3 langkah yang harus Anda isi untuk meluncurkan toko online Anda. Field dengan tanda (*) adalah field yang wajib Andaisi. Setelah Anda selesai memasukkan semua data-data yang diperlukan dan memilih menggunakan template apa, Anda dapat menekan tombol “Buat Toko Saya” di bagian paling bawah
  6. Toko online Anda sudah siap dan secara otomatis Anda akan diarahkan ke halamanPanel Kontrol. Bagian atas adalah bagian di mana kita dapat melakukan kustomisasiwebsite kita, sedangkan di bagian bawah adalah preview website kita.
  7. Klik “Allow” dan akan tampak tampilan seperti di bawah ini. Anda mempunyai tigapilihan di sini.
  • “Member baru dan ingin memiliki akun di Kassa9”di layar berikut Anda akan memasukkan username dan password untuk login ke Kassa9. Anda dapatlogin dengan login Facebook maupun login Kassa9 nantinya
  • “Sudah menjadi member, atau sudah pernah mendaftar tapi belum aktivasi (tidak bisa login)” di layar berikut Anda akan memasukkanusername dan password sesuai yang pernah Anda masukkan saat mendaftarpertama kali. Akun Kassa9 Anda akan terhubung dengan akun Facebook, danAnda dapat login dengan keduanya. Tidak perlu aktivasi lagi. “Member baru, ingin login dari Facebook saja untuk seterusnya”, Anda langsung menjadi member dan hanya dapat login dengan akun Facebook Anda.
B. Pengaturan produk
Pengaturan Produk Berikut adalah langkah sederhana bagaimana kita dapat menambahkan produk barudalam website kita:
  1. Dalam Panel Kontrol, klik “Pengaturan – Produk”
  2. Bagian “Kategori Produk” menampilkan klasifikasi barang yang Anda jual. Hal ini sangat berguna bagi user dan Anda mencari spesifikasi barang yang diinginkannya terutama jika produk yang Anda pasarkan sangat banyak. Klik “Tambah Kategori” jika Anda ingin menambahkan kategori baru. Jika Anda ingin mengubah nama kategori, klik tanda pensil dan jika Anda ingin menghapus kategori tersebut klik tanda cross (berhati-hatilah jika ingin menghapus kategori karena hal ini berarti menghapus semua produk yang ada dalam kategori tersebut)
  3. Untuk menambahkan produk, klik “Tambah Produk” Disarankan ukuran gambaradalah 300x300 pixel karena gambar akan ditampilkan dalam bentuk persegi. Jikaukuran gambar yang Anda masukkan tidak 300x300 maka gambar akan di-strecth(dipaskan ke 300x300). File gambar tidak boleh menggunakan karakter khusus.Deskripsi dapat Anda copy paste dari software pengolah kata seperti Word ataupun langsung dari web.
C. Pengaturan Berita
Berita akan muncul di halaman utama Anda, jadi merupakan salah satu konten yangpenting dan wajib Anda isi. Berikut adalah langkah sederhana bagaimana menambahkan berita
1. Klik “Pengaturan – Berita” dalam Panel Kontrol Anda
2. Klik “Tambah Berita” lalu klik “Kirim” di bagian paling bawah jika telah selesai menembahkan konten

D. Menambahkan konten lainnya
Secara umum, cara menambahkan konten lainnya sama dengan cara menambahkan beritaseperti poin di atas:
  1. Jika ingin melakukan penambahan, pengubahan, dan penghapusan artikel, dapat dilakukan di “Pengaturan – Artikel”. Artikel dapat diakses di webpage di menu Articles. Artikel dapat menjadi salah satu daya tarik web Anda, memang kontenutama yang ada adalah tentang jual beli barang, tetapi untuk meningkatkan Traffic pengunjung dalam website Anda, Anda harus memiliki sesuatu yang lain dan terusterupdate selain barang-barang yang diperjual belikan. Salah satu caranya adalahdengan membuat dan terus memperbaharui artikel yang ada dalam website Anda.
  2. Jika ingin melakukan penambahan, pengubahan, dan penghapusan komentar, dapat dilakukan di “Pengaturan – Komentar”. Komentar dapat diakses di webpage di menu Comments.
  3. Jika ingin melakukan penghapusan dan pengaturan testimonial, dapat dilakukan di “Pengaturan – Testimoni”. Testimonial dapat diakses di webpage di menu Testimonial.
  4. Jika ingin mengubah data tentang toko Anda, dapat dilakukan di “Pengaturan – Tentang Kami”. Tentang kami dapat diakses di webpage di menu About Us.
  5. Jika ingin mengubah pesan selamat datang, dapat dilakukan di “Pengaturan – Pesan Selamat Datang”. Pesan selamat datang dapat diakses di webpage di menu Home
E. Mengubah tampilan toko
Beberapa fitur yang disediakan terkait hal ini adalah:
1. Ganti Tema Toko, di mana kita dapat mengganti templatewebsite kita. Perlu diperhatikan, saat mengganti template dimungkinkan beberapa fitur akan menjaditidak berfungsi seperti pesan selamat datang,pengumuman, dan info toko. Cari template yang Anda sukai lalu klik “Pasang Tema” di template yang Anda inginkan
2. Ganti Header toko, di mana kita dapat mengganti gambar header website kita atau jika kita ingin mengembalikan ke header asli template

F. Profil
Beberapa fitur yang disediakan terkait hal ini adalah:
  1. Profil toko, di sini Anda dapat mengubah nama, logo, kategori, status, dan tagmetadata toko Anda
  2. Kontak, di sini Anda dapat memasukkan data terkait diri Anda sebagai penjual, data-data tentang toko Anda, cara pembayaran, pengiriman, dan kondisi.
Ini lah contoh toko online yang kami buat melalui kassa9.com :
  1. Bagian Home
  2. Bagian About
  3. Bagian product

Pengertian Toko online Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar