Minggu, 02 April 2017

Makalah, Pengertian dan Macam-Macam New Media

BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi di zaman ini berita dari luar negeri begitu cepat tersampaikan, komunikasi jarak jauh dengan tatap muka pun bisa dilakukan. Tak dapat dipungkiri bahwa kehidupan zaman modern telah dirasakan berbagai lapisan masyarakat. Sebagai contoh hadirnya new media, new media merupakan sebuah istilah untuk menggambarkan kemunculan era baru dalam berkomunikasi atau berinteraksi, computer, jaringan informasi dan komunikasi.

Media konvensional yang dulu setiap hari menjadi sumber informasi utama semakin tersingkirkan dengan adanya new media. Media konvensional yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari seperti televisi, koran, radio semakin hari semakin tidak menjadi pilihan utama dalam mencari informasi. New media yang menawarkan kepraktisan serta berbagai kemudahan semakin diminati berbagai kalangan.

Makalah ini memberikan paparan mengenai new media dan media konvensional, serta memberikan dampak keberadaan new media terhadap media konvensional.

B. Rumusan Masalah
  1. Apa yang dimaksud dengan New Media ?
  2. Apa yang dimaksud dengan Media Konvensional ?
  3. Apa dampak dari keberadaan New Media terhadap Media Konvensional?
C. Tujuan
  1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan New Media.
  2. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan Media Konvensional.
  3. Untuk mengetahui apa dampak yang ditimbulkan dari keberadaan New Media terhadap Media Konvensional.
BAB II
ISI
A. New Media
1. Pengertian New Media
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara. Jadi New Media merupakan media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet. Seperti contoh, web, blog, online social network, koran digital, dan lain-lain. Istilah new media baru muncul pada akhir abad 20-an yang dipakai untuk menyebut sebuah media baru yang menggabungkan media-media konvensional dengan internet. Dan tak dapat dipungkiri lagi bahwa new media membawa dampak bagi kehidupan sosial masyarakat, baik itu positif maupun dampak negatif.

Menurut Arshano sahar (2014) new media digunakan untuk menjelaskan kemunculan media yang bersifat digital, terkomputerisasi, dan berjaringan sebagai efek dari semakin berkembangnya teknologi informasi dan komunikasi. New media memungkinkan para penggunannya untuk mengakses berbagai konten media kapan saja, dimana saja dengan berbagai eletronik. New media memiliki sifat interaktif dan bebas.

Perkembangan new media di masyarakat memang sangat besar, terutama dalam penggunaan teknologi internet. Banyak macam dari new media yang kadang membuat pengaruh negatif, namun tak dapat disangkal bahwa new media pun memberikan banyak kontribusi positif bagi masyarakat.

2. Karakteristik New Media
Segala bentuk media baru sudah terbukti dapat memudahkan banyak orang, terutama dalam bidang komunikasi dan informasi. Tetapi tak banyak yang mengetahui ciri-ciri media baru yang saat ini hampir semua orang menggunakannya. Berikut adalah ciri-ciri media baru menurut Denis McQuail (2011).
  • Adalah saling keterhubungan (interkonetivitas)
  • Aksesnya terhadap khalayak individu sebagai penerima maupun pengirim pesan
  • Interaktivitasnya
  • Kegunaan yang beragam sebagai karakter yang terbuka
  • Sifatnya yang ada dimana-mana
Tidak hanya memiliki ciri-ciri, tetapi media baru memiliki karakteristik, dimana karakteristik ini adalah gambaran spesifik pembeda media baru dengan media lainnya, yaitu:
a. Digital
Digital merupakan syarat wajib untuk dapat dikategorikan sebgai media baru, berbeda dengan yang lalu, pada media baru, semuanya tesimpat dalam digital.

b. Interaktif
Kebebasan dalam beriinteraksi adalah syarat wajib juga untuk dikategorikan sebagai media baru, user pada media baru tidak hanya memberikan pesan namun juga dapat menerima pesan saat itu juga.

c. Hypertextual
Merupakan potongan kata-kata yang akan masuk ke laman yang akan dituju saat kita klik. Contoh: pengunaan google, yang memudahkan orang untuk mencari informasi yang dibutuhkan.

d. Virtual
Adalah sesuatu yang dapat diartikan “tidak nyata”. Tidak nyata yang dimaksud adalah tidak terdapat wujud fisiknya. Contoh: saat menggunakan foto profil pada sebuah akun aplikasi sosial media, foto yang terpasang adalah wajah kita saja melainkan bukan wujud kita yang sebenarnya.

e. Jaringan
Sebuah internet tidak dapat berguna jika tidak terdapat user/pengguna nya. Dalam hal ini internet dapat menyebabkan sebuah hubungan antar satu pengguna, dengan pengguna lain.

f. Simulasi
Adalah penyajian kembali peristiwa yang telah terjadi sebelumnya, tetapi dalam penyajian barunya diperlukan penambahan efek tertentu.

3. Macam new media
Macam-macam media baru diantaranya:
a. Handphone atau smartphone
New media jenis ini adalah yang paling banyak kita jumpai dimana pun dan kapan pun sehingga new media ini tidak asing lagi buat masyarat kita dan new media jenis ini dipakai oleh umur tingkat berapapun dari yang muda hingga yang tua, dari pekerjaan kantoran hingga mahasiswa dan anak-anak SMP dan SMA. New media jenis ini dapat menyalurkan informasi dengan cepat melalui fasilitas internetnya. Manusia dapat berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan new media jenis ini. fasilitas yang ditawarkan beragam mulai dari telepon, SMS hingga video call.

b. Komputer
New media yang satu ini juga tidak asing lagi bagi masyarakat kita, komputer yang dulunya susah untuk dijangkau oleh masyarakat menengah kebawah sekarang sudah bisa dijangkau, mereka bisa pergi ke warnet (warung internet) yang memberikan layanan untuk mereka menggunakan atau mengakses internet dengan mudah dan murah, warnet ini dapat kita temukan dimana saja disekitar kita. Teknologi ini merupakan awal mula dari new media. Banyak sekali manfaat dari teknologi yang satu ini. Semua hal dari new media merupakan bagian dari komputer itu sendiri. Bisa dibilang komputer ini merupakan peralatan dasar untuk membuat new media yang berguna bagi masyarakat banyak.

c. Internet
Setelah komputer merupakan alat dasarnya, internet ini adalah sebagai penyalur informasinya. Mengapa new media berkembang begitu pesat?karena informasi mengenai new media ini begitu cepat diberikan terhadap masyarakat melalui teknologi internet ini.Teknologi ini saya rasa tidak akan mati karena manusia menjadikan internet sebagai gaya hidup mereka.

d. Sosial network
Twitter, facebook, tumblr dan lain-lain adalah jejaring sosial di dalam internet itu sendiri. ini merupakan bagian dari internet yang dampaknya sangat besar terhadap masyarakat.dengan teknologi ini manusia dapat saling berkomunikasi dengan cepat dan mudah.Hampir sama dengan teknologi handphone diatas tetapi teknologi ini bersifat lebih universal.Dan masih banyak lagi macam-macam new media yang akan ada di masa mendatang.

Di atas, kita sudah membahas tentang macam-macam media baru sekarang kita akan membahas tentang jenis-jenis media baru, diantaranya:

a. Mikro komputer
Unit yang berdiri sendiri, biasanya dengan ketentuan untuk memuat perangkat lunak individual dan kadang-kadang dihubungkan dengan mikrokomputer lain dalam jaringan. Unit pusat pengolahan mikrokomputer yang membaca dan mengeksekusi instruksi program adalah berupa sebuah chip semikonduktor tunggal.

b. Telekonferensi
Pertemuan kelompok kecil yang dimiliki oleh komunikasi elektronik interaktif antara tiga orang atau lebih dalam dua atau lebih lokasi yang terpisah. Tiga jenis utama telekonferensing adalah video telekonferensi, telekonferensi audio, dan telekonferensi computer.

c. Teleteks
Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frame informasi untuk melihat pada layar televisi rumah.

d. Video text
Layanan informasi interaktif yang memungkinkan individu untuk meminta frames informasi dari sebuah computer pusat untuk melihat pada layar tampilan video.

e. Komunikasi satelit
Komunikasi satelit terdiri dari pesan telepon, siaran televisi dan pesan lain dari suatu tempat di permukaan lain. Satelit ini biasanya diletakan di stationer atau di sekitar khatulistiwa sekita 22.300 mil dari permukaan bumi. Pada dasarnya, transmisi satelit televisi, telepon.

4. Pengaruh New Media
a. Pengaruh positif new media
1) Memberikan informasi dengan cepat lebih efisien 
`Media baru sangat mumpuni dalam menyebarkan informasi secara cepat, karena teknologinya yang tak terhambat oleh jarak maupun biaya.

2) Dapat mudah diakses dimanapun
Dengan adanya media baru pengguna tidak lagi disusahkan dalam pengaksesan informasi, hanya tinggal memaikan perangkatnya, dan hubungkan ke internet, pengguna akan mendapatkan informasi kapanpun dimanapun berada.

3) Sangat berguna untuk membangun bisnis baru
Dengan menggunakan media baru, pelaku usaha tidak lagi pusing terkait iklan produknya. Hanya bermodal promosi melalui sebuah website, produk dapat dikenal masyarakat, bahkan skala internasional dengan dana relatif lebih murah daripada harus memakai media konvensional seperti brosur spanduk dll.

b. Pengaruh negatif new media
Dengan segudang manfaat yang dapat diberikan oleh media baru tentunya ada juga dampat negatif yang diberikan dari media baru ini, diantaranya yaitu :
1) Menjadi lebih pasif
Sekarang semua yang dikerjakan dan dibutuhkan sudah dapat diakses hanya via laptop bahkan dengan smartphone. Kita hanya tinggal duduk manis, sambil mencari informasi yang dibutuhkan tanpa perlu lagi membuka buku/referensi lain yang dibutuhan karena semua sudah dapat ditemukan di internet. dalam hal ini orang-orang menjadi malas bahkan menjadi antisosial.

2) Berita hoax dan Hate Speech merajalela
Dengan adanya kebebasan dalam menulis apapun di media sosial kadang sering ada orang yang menyebarkan berita yang kurang akurat dengan berbagai mcam tujuan dari yang hanya ingin cari sensasi hingga memang bermaksud menyerang pihak lain melalui kata-kata maupun gambar yang dibagikan melalui berbagai aplikasi penyedia media sosial. Hal ini kadang sulit dikontrol mengingat kita tidak dapat dengan mudah mengenali identitas seseorang yang berselancar didunia maya hanya dengan melihat akun media sosialnya.

3) Penipuan di dunia maya semakin merajalela
Promo belanja potongan harga atau mungkin kupon undian sekarang tidak hanya ditemukan di pusat perbelanjaan, melainkan internet itu sendiri. Para penjahat dunia maya ini memanfaatkan kesempatan untuk melakukan penipuan atas segala bentuk. Tidak hanya penipuan melalui promo, tetapi banyak terjadi kejahatan seperti mencuri data orang lain melakukan (hack) berbagai informasi penting yang nantinya dapat disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab .

4) Situs pornografi yang dengan mudah ditemukan.
5) Berita hoax dan Hate Speech merajalela
6) Menjadi Konsumtif
Banyaknya iklan yang berseliweran di sebuah situs, dapat membuat sebagian orang tergiur akan barang yang mungkin sebenarnya tidak terlalu dibutuhan. Tetapi, para pembuat situs online shop ini tentu saja tidak lupa melakukan tipu daya trik promo agar para peselancar dunia maya ini tertarik hingga membeli barang ditambah dengan bunga cicilan kartu kredit 0% akan membuat banyak orang tergiur untuk membeli berbagai macam barang.

B. Media Konvensional
1. Pengertian Media Konvensional
Media konvensional adalah proses produksi dalam penyimpanan data atau informasi yang dibagi menjadi dua bagian yaitu media elektronik (televisi dan radio) dan media cetak (koran, dvd, dan cd). 

Jika dilihat media kenvensional merupakan bentuk dari jurnalistik konvensional atau dengan arti jurnalisme dengan menggunakan media cetak atapun media elektronik, dimana tetap berpedoman dengan 5W+1H adalah what, where, when, who, why, how.

Seperti contoh para jurnalis mencoba untuk mencari berita pada sumber-sumber yang dibutuhkan, lalu mereka menggunakan patokan 5W+1H tersebut sebagai pedoman mereka, dan juga pendistribusian pesan biasanya dilakukan beberapa media konvensional seperti koran, televisi.

2. Ciri-ciri Media Konvensional
  • Panjang naskah dibatasi oleh ruang pemberitaan.
  • Proses pengeditan tidak dapat dilakukan jika sudah masuk proses cetak.
  • Terbitnya berkala (harian, mingguan, bulanan, dua mingguan, sebagainya).
C. Pengaruh New Media terhadap Media Konvensional
Tidak dipungkiri keberadaan new media berimbas terhadap media konvensional. Hal ini sangat berdampak terhadap media konvensional. Contoh dampak new media terhadap media konvensional :
  1. Orang-orang akan lebih tertarik dengan new media karena hanya dengan mengakses internet mereka bisa mendapatkan berbagai berita yang mereka inginkan.
  2. New media dapat menyajikan berita tanpa batas, jika menggunakan media konvensional keingintahuan masyarakat terkesan dibatasi.
  3. Tidak jarang media konvensional mendapatkan ide untuk membuat berita dari new media itu sendiri. Jadi bisa saja masyarakat berfikir kalau media konvensional saja mendapatkan berita dari new media, maka lebih baik mencari dari new media langsung yang terkesan lebih up to date.
BAB III
PENUTUP
A. Kesimpulan
New Media terdiri dari 2 kata yaitu New dan Media. New yang berarti Baru dan Media yang berarti Perantara.Jadi New Media merupakan media yang terbentuk dari interaksi antara manusia dengan komputer dan internet. Seperti contoh, web, blog, online social network, koran digital, dan lain-lain.

Media konvensional adalah proses produksi dalam penyimpanan data atau informasi yang dibagfi menjadi dua bagian yaitu media elektronik (televisi dan radio) dan media cetak (koran, dvd, dan cd). 

Jika dilihat dari pendekatan konsep komunikasi media konvensional masih menggunakan one way communication atau komunikasi satu arah dimana hanya fokus pada mentransmisi pesan untuk disampaikan kepada pengguna. Sedangkan media baru, sosial media, sosial networking, dan situs jaringan sosial menggunakan konsep teori komunikasi dua arah, dimana dapat saling memberikan feedback langsung ataupun secara tidak langsung.

Dari penjabaran diatas terkesan bahwa new media bisa saja membunuh media konvensional. Tapi hal itu tidak sepenuhnya benar. Sampai kapanpun media konvensional mempunyai posisinya sendiri dimasyarakat. Bisa saja semua kelebihan dari new media menjadi motivas bagi media konvensional itu sendiri untuk berkembang dengan lebih baik. 

B. Saran
1. Diharapkan dengan adanya perkembangan yang sangat pesat dalam dunia penyebaran informasi, kebutuhan masyarakat akan informasi dapat cepat terpenuhi oleh new media karena saat ini kebutuhan akan informasi yang uptode merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat selain sandang dan papan.
2. Diharapkan new media menginspirasi media konvensional untuk dapat ber evolusi mengadaptasi beberapa keunggulan new media agar dapat berjalan berdampingan dan memenuhi kebutuhan informasi masyarakat.
3. Masyarakat lebih bijaksana dalam menggunakan new media karena disamping berbagai kemudahan yang ditawarkan ternyata ada juga resiko atau bahaya yang terdapat jika kurang tepat dalam penggunaan new media.

DAFTAR PUSTAKA;
Buku :
  • Effendy, Onong Uchjana. 1993. Ilmu, Teori & Filsafat Komunikasi. Bandung : PT. Citra Aditya Bakti
  • Mc Quail, Dennis. 2011. Media Performance: Mass Communication and the Public Interest. London: Sage Publication
Jurnal :
  • Arshano Sahar. (2014). Fenomena New Media 9Gag: Studi Observasi Terhadap Penggunaan Situs (gag dan Meme Oleh Remaja . Accessed on september 22, 2016 fromhttp://lib.ui.ac.id/file?file=digital/20369079-MK-Arshano%20Sahar.pdf
  • Novi Kurnia. (2005). Perkembangan Teknologi Komunikasi dan Media Baru: Implikasi terhadap Teori Komunikasi. Accesed on September 22, 2016 from 

Makalah, Pengertian dan Macam-Macam New Media Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar