Senin, 03 Oktober 2016

PENGERTIAN BEARING MENURUT PARA AHLI

PENGERTIAN BEARING 
Bearing adalah suatu elemen mesin yang menumpu poros berbeban, sehingga putaran atau gerakan bolak-baliknya dapat berlangsung secara halus, aman, dan berumur panjang. Bearing ini harus cukup kokoh untuk menahan beban dari poros yang terhubung dengan komponen mesin lainya sehingga dapat berputar, bekerja sesuai dengan fungsinya. Jika bantalan tidak berfungsi dengan baik, maka prestasi seluruh sistem akan menurun bahkan bisa terhenti. Bantalan dalam permesinan dapat disamakan perannya dengan pondasi pada gedung. 

Untuk bearing dengan jenis bola mempunyai kemampuan untuk putaran tinggi dan gesekan yang kecil. Bearing ini bisa mudah didapat dan mudah pula dalam pemasangannya. Bearing mempunyai bentuk dan ukuran tertentu sesuai dengan kodenya dan mempunyai ukuran yang presisi. Apalagi untuk yang bentuk bola dengan cincin yang sangat kecil maka besar per satuan luas menjadi sangat penting. Dengan demikian bahan yang dipakai juga harus mempunyai ketahanan dan kekerasan yang tinggi. Bahan yang biasa dipakai pada pembuatan bearing adalah baja khrom karbon tinggi.

Bearing ini dapat diklasifikasikan atas; Bearing Radial, Bearing axial. Menurut jenis elemen gelindingnya dibedakan atas bentuk bola dan rol.
  1. Bearing axial : arah beban yang ditumpu adalah tegak lurus sumbu poros. 
  2. Bearing Radial : arah beban yang ditumpu sejajar dengan sumbu poros. 
  3. Untuk Bearing khusus ; dapat menumpu beban yang arahnya sejajar dan tegak lurus sumbu poros
Untuk itu dalam penggunaan juga harus diperhatikan bagaimana gaya atau beban bekerja, baru menentukan jenis bearing yang digunakan. Untuk pelumasan pada bearing ini juga sangat penting karena akan menentukan keawetan dari bearing. Karena dengan ada pelumasan, maka akan memperkecil kerusakan akibat gesekan bola dan cincinn

DAFTAR PUSTAKA ;
  • Sularso, Elemen Mesin, Pradnya Paramitha, Jakarta, 1980 
  • Schweizerischer, Normen Auszug, Bezug durch das VSM-Normenburo, 1991 
  • abellenbuch Metall, Europa Fachbuchreihe, 1982 
  • Homborg, Gerhard, Tabellenbuch Metall-und Maschinentechnik, Friedrich, Bonn, 

PENGERTIAN BEARING MENURUT PARA AHLI Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

1 komentar:

  1. mana ahlinya, judulnya aja yg menurut ahli tapi isinya tdk ada nama ahlinya

    BalasHapus