Senin, 10 Oktober 2016

Pengertian Mekanika

Pengertian Mekanika
MEKANIKA dalah cabang ilmu fisika yang mengkaji suatu benda padakondisi diam atau bergerak akibat adanya gangguan terhadap benda tersebut.Gangguan tersebut dapat berupa gaya(force) dan/atau temperatur  (thermal). Studi pada benda yang diam disebut statis (statics) dan studi pada benda bergerak disebutdinamis dynamics). Ilmu mekanika memiliki dua cabang yaitu mekanika kekuatanmaterial dan mekanika fluida, yang masing-masing berhubungan dengan perilaku benda pejal dan dengan perilaku fluida.Beberapa istilah asing yang memiliki arti sama dengan mekanika kekuatanmaterial adalah strength of materials, mechanics of solids, dan mechanics of deformable bodies.Pada semua konstruksi Teknik bagian-bagian dari suatu elemenmesin/struktur harus memiliki ukuran fisik tertentu. Bagian-bagian itu harusmemiliki ukuran-ukuran yang tepat sehingga dapat menahan beban yangsesungguhnya yang mungkin terjadi. Oleh karena itu pemahaman yang lengkapmengenai mekanika kekuatan material sangat diperlukan untuk keamanan daneffisiensi desain. Perhatikan gambar dibawah ini.


Gambar.Papan loncat indah

Dari gambar diatas dapat kita lihat bahwa akibat beban w, papan akanmelendut (deflection) sebesar δC maka kita harus menentukan :
  • Panjang dan luas penampang papan. 
  • Panjang l1 dan l2, erta dimensi dari tumpuan Ac.
Sifat mekanis papan (modulus elastisitas dan angka poison) sehinggadapat memberikan lendutan yang aman.Semua masalah mekanika kekuatan bahan dihadapkan pada dua kategorimasalah, yaitu
masalah kekuatan dan masalah kekakuan. Sebuah struktur/elemenmesin harus cukup kuat untuk menahan beban yang terjadi, dan cukup kakusehingga dapat berubah bentuk (deformation) pada batas-batas yang diijinkan.Tujuan dari analisa mekanika kekauatan bahan pada dasarnya untuk menentukan;
  • tegangan (stress),
  • regangan (strain), dan
  • lendutan(deflection). 
Jikaharga-harga dari berbagai besaran ini dapat kita ketahui untuk semua harga bebanhingga beban yang menyebabkan kegagalan (failure load), maka kita akanmemperoleh suatu gambaran lengkap mengenai kekuatan mekanik dari benda itu.Dalam perkembangan selanjutnya, seiring dengan kemajuan yang pesatdibidang komputerisasi, untuk keperluan desain bentuk yang sangat komplek, ilmumekanika kekuatan material dibantu dengan Metode Elemen Hingga, MEH (FiniteElement Methode, FEM).

Pengertian Mekanika Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

0 komentar:

Posting Komentar