Rabu, 12 Oktober 2016

Pengertian kualitas produk

Pengertian kualitas produk 
Produk adalah salah satu faktor yang dapat mempengaruhi keunggulan bersaing, disamping harga dan jangkauan distribusinya. Jadi setiap perusahaan berupaya untuk mengembangkan produknya, agar mampu bersaing dengan produk-produk pesaingnya di pasar. Unsur yang terpenting dalam produk adalah kualitas. Yang dimaksud kualitas itu sendiri adalah : “ Kualitas adalah faktor-faktor yang terdapat dalam suatu barang atau hasil yang menyebabkan barang atau hasil tersebut sesuai dengan tujuan untuk apa barang atau hasil dimaksudkan atau dibutuhkan” (Zulian Yamit, 2003: 347). Yang dimaksud faktor-faktor disini adalah sifat-sifat yang dimiliki oleh barang tersebut. Seperti wujudnya, komposisi, kekuatan dan sebagainya. Jadi kualitas suatu barang tergantung pada sifat-sifat yang dimiliki oleh barang yang bersangkutan. Sedangkan produk yaitu : “Produk adalah suatu barang atau jasa untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen secara memuaskan “ (Agus Ahyari, 2002: 7). 

Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kualitas produk yang ditetapkan oleh perusahaan adalah suatu keadaan produk yang terbaik, yang berguna untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Kepuasan konsumen merupakan salah satu tujuan dari perusahaan dalam memproduksi suatu produk atau barang. Jadi apabila suatu perusahaan ingin menetapkan kualitas suatu produk, maka perlu memperhatikan faktor dan sifat produk yang bersangkutan.

Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas produk adalah sebagai berikut : 
  • Fungsi suatu barang Suatu barang yang dihasilkan memerlukan perhatian fungsi barang tersebut, sehingga barang yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan dan fungsinya. Karena kualitas barang tidak hanya menyangkut tentang barangnya saja akan tetapi menyangkut pula kebijakan kualitas sesuai dengan tuntutan pasar dan kebutuhan investasi, maka tingkat kualitas barang tergantung pada tingkat pemenuhan fungsi kepuasan penggunaan barang tersebut. 
  • Wujud luar Salah satu faktor yang penting dan seringkali digunakan oleh tingkat konsumen dalam memilih suatu barang, pertama-tama adalah menentukan kualitas barang tersebut yang ada di luar atau wujud luarnya. Karena masih sering terjadi walaupun barang yang dihasilkan secara teknis telah maju tetapi apabila wujud luarnya kurang dapat diterima konsumen, maka barang tersebut kurang pula disenangi oleh para konsumen. 
  • Biaya barang tersebut Biaya dan harga suatu barang akan menentukan kualitas sautu barang tersebut. 
Hal ini akan terlihat pada barang yang mempunyai biaya yang mahal dapat memberikan kualitas yang tinggi sesuai dengan tingkat tingginya biaya suatu barang. Dapat terjadi karena biasanya untuk mendapatkan kualitas yang baik dibutuhkan biaya yang lebih tinggi. Perlu kiranya kita sadari mengenai biaya pembuatan barang ini bahwa tidak selamanya biaya suatu barang dapat menentukan kualitas karena biaya yag diperkirakan tidak selamanya biaya yang sebenarnya, sehingga sering terjadi inefisiensi. Jadi tidak selamanya biaya atau harga itu lebih murah dari pada nilai barang yang bersangkutan. Tapi kadang-kadang terjadi biaya atau harga suatu barang lebih tinggi dari nilai sebenarnya, karena adanya in efisiensi dalam menghasilkan suatu barang dan keuntungan yang diambil. Selain dipengaruhi oleh faktor-faktor tersebut diatas, agar kualitas produk dapat dicapai secara efektif dan efisien maka harus ditentukan standar kualitas yang baik. 

Adapun langkah-langkah yang perlu diambil adalah sebagai berikut : 
  1. Mempertimbangkan persaingan dan kualitas pesaing. 
  2. Mempertimbangkan kegunaan akhir dari pada produk yang dihasilkan. 
  3. Kualitas harus sesuai dengan harga jual. 
  4. Perlu team yang terdiri dari mereka yang berkecimpung dalam bidang-bidang sebagai berikut : a. Penjualan yang memiliki konsumen. b. Teknik yang mengatur desain dan kualitas produk. c. Pembelian yang menentukan kualitas bahan d. Produksi yang menentukan biaya mempromosikan berbagai kualitas alternatif. 
  5. Setelah ditentukan, disesuaikan dengan keinginan konsumen dengan kendala teknis produksi, tersedianya bahan baku dan sebagainya maka kualitas produk perlu dipelihara (Sukanto Reksohadiprojo, 
Hubungan Pengendalian Proses produksi dengan Kualitas produksi 
Proses produksi adalah kegiatan yang penting dalam pelaksanaan produksi suatu perusahaan, sehingga kelancaran dalam pelaksanaan proses produksi menjadi suatu hal yang sangat diharapkan oleh setiap perusahaan. Kelancaran dalam proses produksi sangat ditentukan oleh pengendalian proses produksi yang dijalankan oleh perusahaan yang bersangkutan. Dengan pelaksanaan pengendalian proses produksi yang baik akan mendukung terpeliharanya kualitas produk yang sesuai dengan standar kualitas, sehingga kualitas produk dapat dicapai secara efektif dan efisien. Dimana kualitas produk ini sangat diutamakan oleh perusahaanperusahaan dalam rangka menunjang program jangka panjang perusahaan yaitu mempertahankan pasar atau bahkan pasar. 

Dari keterangan di atas dapat diketahui bahwa setiap aktivitas pengendalian proses produksi sangat menentukan kualitas produk yang dihasilkan oleh semua perusahaan. Jadi pengendalian proses produksi mempunyai hubungan yang erat dengan kualitas produk dan tidak adanya pengendalian dalam proses produksi akan mengakibatkan perusahaan berjalan tidak efisien yang pada akhirnya produksi tidak akan berjalan sebagaiman mestinya, sehingga kualitas produk yang dihasilkan tidak sesuai dengan standar kualitas yang ditentukan.

Pengertian kualitas produk Rating: 4.5 Diposkan Oleh: frf

1 komentar:

  1. Betul sekali Indikator Kualitas Produk dapat memenuhi kebuuhan konsumen dan sangat menentukan loyalitas seorang konsumen sehingga perusahaan mendapatkan laba / profit yang lebih baik Nurul Huda

    BalasHapus